Selasa, 21 Februari 2012

Bubut Noken as bikin motor kenceng


Noken as atau camshaft memang salah satu rahasia korekan motor 4tak. Namun harus dipahami dulu dasar mesin dan filosofinya mengapa kita harus sampai melakukan costum noken as dari sebuah mesin.
Noken as sebagai pengatur suplai bbm masuk ke ruang bakar tentunya diruang bakar akan kita jumpai istilah kompresi rasio, diameter piston, stroke, maen rpm dan diameter klep atau valve.
Tidak asal main griding sana sini. Berapa lift dan durasi sangat erat kaitannya dengan kompresi, diameter piston, valve, porting serta perlu dipastikan juga akan menggunakan karbu berventuri berapa. Tak lupa mesin ini nantinya bermain di sirkuit apa.
Noken as memang bisa mendongkrak power motor menjadi lebih hebat itu benar. Tapi mesti diketahui juga, ini jika mesin membutuhkan lebih. Namun apabila mesin ternyata sudah merasa cukup, lalu anda custom maka yang terjadi bukannya peningkatan power, malahan penurunan power.
Satu lagi yang perlu juga kita perhatikan adalah dampak pemakaian. Maksud dari dampak pemakaian disini, noken as akan terkisin kisaran nol-koma sekian mili akibat pemakaian. Ini diperparah jika anda memakai per klep yang terlalu keras, dan kualitas oli yang buruk. Tapi selama kualitas oli baik dan per klep yang anda gunakan tidak terlalu keras (kecuali untuk event drag atau race) maka, noken as tetap terjaga keawetannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar