Noken as atau camshaft
memang salah satu rahasia korekan motor 4tak. Namun harus dipahami dulu dasar
mesin dan filosofinya mengapa kita harus sampai melakukan costum noken as dari
sebuah mesin.
Noken as sebagai pengatur
suplai bbm masuk ke ruang bakar tentunya diruang bakar akan kita jumpai istilah
kompresi rasio, diameter piston, stroke, maen rpm dan diameter klep atau valve.
Tidak asal main griding
sana sini. Berapa lift dan durasi sangat erat kaitannya dengan kompresi,
diameter piston, valve, porting serta perlu dipastikan juga akan menggunakan
karbu berventuri berapa. Tak lupa mesin ini nantinya bermain di sirkuit apa.
Noken as memang bisa
mendongkrak power motor menjadi lebih hebat itu benar. Tapi mesti diketahui
juga, ini jika mesin membutuhkan lebih. Namun apabila mesin ternyata sudah
merasa cukup, lalu anda custom maka yang terjadi bukannya peningkatan power,
malahan penurunan power.
Satu lagi yang perlu
juga kita perhatikan adalah dampak pemakaian. Maksud dari dampak pemakaian
disini, noken as akan terkisin kisaran nol-koma sekian mili akibat pemakaian.
Ini diperparah jika anda memakai per klep yang terlalu keras, dan kualitas oli
yang buruk. Tapi selama kualitas oli baik dan per klep yang anda gunakan tidak
terlalu keras (kecuali untuk event drag atau race) maka, noken as tetap terjaga
keawetannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar